Magang yang tak terlupakan

Assalamu’alaikum…
Alkhamdulillahirobbil’alamiin… saya hanya sekedar ingin berbagi cerita, tentang “magangku”.

10305960_791970130865742_6427794605301662371_n
F
oto bareng bersama Prof. Damar dan Ibu Lulus Susanti🙂

Sedikit klarifikasi dulu… kenapa liburan kemarin kami tidak KKN? Saya terkadang bosan ditanya oleh beberapa teman, baik teman jurusan lain/ universitas lain yang bertanya “liburan nanti kalian KKN gak?”
saya bilang “gak, hehe.” Lalu diapun bertanya lagi “loh kenapa?”, saya menjawab “ya… memang begitulah jadwalnya.”
Ya…di tempat kami menimba ilmu ini.. penjadwalan magang memang sedikit berbeda dari yang lain. Dimana biasanya, jurusan/universitas lain, menjadwalkan liburan semester 6 untuk KKN, tapi kami justru menggunakannya untuk magang. Bukan karena kami yang telah turun temurun KKN pada liburan semester 7 ini telat KKN loh ya… tapi ya memang begitulah aturannya.
di semester 5 kami telah disibukkan dengan Praktek Belajar langsung 1 (PBL), saya sendiri liburan semester 5 memilih untuk magang mandiri di Puskesmas Tambi (Puskesmas terdekat dari rumah saya), dilanjutkan semester 6 PBL 2, liburan semester 6 magang, semester 7 melanjutkan lagi PBL (PBL 3) dan barulah kita bisa KKN di liburan semester 7 *liburan terakhir di bangku kuliah. Aaaamiiiin tepatnya pada bulan KKN gelombang 2 (sekitar januari/februari)🙂.

Tak lupa saya bersyukur banyak-banyak kepada Allah SWT karena akhirnya hari ini Jum’at 26 september 2014, saya telah menyelesaikan draft laporan magang. Saya juga bersyukur atas segala nikmat pengalaman, ilmu, dll yang saya khususnya dan 5 teman saya (Ba’da Febriani, Nurendah Agung Permatawati, Linda Safitri, Indah Lestari dan Ria Hartini Sitompul) dapatkan di tempat magang kami yaitu Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Vektor dan Reservoir Penyakit (B2P2VRP) Salatiga.
Teman…tentu saja pengalaman kami disini sangat berharga🙂, dimana kami bisa belajar banyak mengenai vektor (Pembawa penyakit) dan reservoir (tempat hidup vektor) serta pengendaliannya. Kami disini merasa menjadi peneliti “dadakan” selama ± 1 bulan. Beberapa yang saya lakukan disana adalah memelihara-mengembangbiakkan-mengidentifikasi-membedah-mengawetkan-menguji nyamuk, membuat-memasang ovitrap, membuat atraktanya serta mengidentifikasi telur nyamuk *minat saya memang berkaitan dengan nyamuk hehe.
Selain ilmu dan pengalaman yang didapat, yang paling membuat saya berkesan adalah bertemu dengan orang-orang hebat yang sangat down to earth. Salah satu dan salah duanya adalah pembimbing lapangan kami ibu Lulus dan Ibu Riani (Kains. Insektarium koloni nyamuk). Ibu pembImbing kami dia orang yang sangat lembut, gesit dan bijaksana. Dimana pesan-pesan beliau yang sangat menyentuh perlu saya bagi kepada teman sekalian….beberapa yang saya ingat adalah ini..
1. Jangan mau jadi orang rata-rata, jadilah orang terpilih yang berada diatas rata-rata.
Kira-kira beliau berpesan seperti ini “kita jangan mau jadi orang rata-rata misalnya magang di insektarium. Disaat yang lain kegiatannya setiap hari mengambil pupa nyamuk kita disana bisa mengambil hikmah yang lain. kita bisa mengamati benar setiap spesies nyamuk yang ada disana, diamati juga pupa,larva dan telurnya sehingga suatu saat kita bekerja yang sesungguhnya di lapangan kita bisa membedakan dengan mudah yang mana Anopeles, Culex dan yang mana Aedes.
2. Jadilah orang yang paling mudah memaafkan diantara yang lain.
Beliau berpesan: Ciptakan persaudaraan dimanapun berada…saya jadi ingat kalau tidak salah sebuah hadits atau apa ya… yang bunyinya “Jangan ingat kebaikan kita kepada orang lain tapi ingatlah kebaikan orang lain kepada kita dan jangan ingat kesalahan orang lain kepada kita tapi ingatlah kesalahan kita kepada orang lain.” Dengan begitu kehidupan kita senantiasa damai dan terus introspeksi untuk menjadi lebih baik. Seorang ustadz dalam acara halal bi halal B2P2VRP berkata bahwa orang yang selalu menyimpan rasa sakit hatinya terhadap orang lain adalah seperti membawa celurit di punggungnya dimana rasa sakitnya dibawa kemana-mana dan akan semakin dalam lukanya ketika orang tersebut bertemu dengan orang yang menyakitinya *ini namanya nyiksa diri sendiri.hehe maka jadilah orang yang paling mudah memaafkan maka hidup kita akan selalu bahagia🙂
3. Ambil yang baik-baik dan lupakan yang kurang baiknya.
Semua adalah pembelajaran. Dimanapun kita berada setiap kebaikan yang kita terima, kita lihat, kita dengar dan kita rasakan maka ambillah jadikan pelajaran dan teladani, tapi yang jeleknya lupakan saja bisa jadi pembelajaran juga.
4. Mengabdilah benar-benar ketika kita bekerja.
Jika kita harus tetap melakukan pekerjaan di kantor ketika yang lain telah pulang ke rumah, maka jangan sebut itu sebagai (lembur) tapi ini adalah bentuk pengabdian kita kepada negara, karena kita bekerja untuk negara *bagi PNS. *So sweet bgt ya,,, hehe
5. Jangan pernah syirik kepada Allah meski sekecil apapun.
Seperti contoh kecilnya adalah saya pasti akan gajian bulan ini tanggal ini, hal ini seperti mendahului takdir Allah. Padahal kita belum tentu tanggal itu, bulan itu, detik itu juga kita benar-benar akan gajian. Maka sebaiknya jangan pernah tinggalkan kalimat In syaa Allah dan terus berdo’a kepada Allah agar selalu diberikan yang terbaik🙂 .
6. Selalu berbuat baik kepada orang lain dan tetap rendah hati tak peduli apapun posisi kita.
Disana saya bertemu dengan peneliti yang sangat baik, dan peduli kepada orang lain, meski orang lain itu tak sebanding atau meiliki level berada jauh di bawahnya. Memang bukan hanya peneliti, tapi setiap orang yang ada disana sangatlah baik…
saya masih ingat.. Ketika kami memiliki kesulitan dalam pelaksanaan magang, beliau segera memberikan saran, solusi kepada saya dan teman-teman saya. Selalu menanyakan perkembangan magang yang kami jalani serta selalu siap membantu ketika kami membutuhkan.
Saya juga ingat sekali.. ketika kami diberikan kue tar dari ibu kepala atas keikutsertaan kami di acara duver fair, ketika kami ditraktir makan oleh bapak bagian keuangan dan lain-lain.
Nah… sebenarnya teman.. masih banyak hikmah yang saya dapat dari orang-orang hebat yang saya temui disana, kerja keras mereka yang sebenarnya sibuk tapi tidak mau dibilang sibuk, etika mereka yang sangat bagus, kedisiplinan, kerja sama dan lain-lain yang perlu saya contoh dalam kehidupan sehari-hari terutama ketika saya bekerja nanti🙂

Oh ya teman..kesan yang lain adalah kami bertemu rekan magang dari universitas yang berbeda yaitu dari Universitas Diponegoro (undip) 8 orang dan Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Jogja 3 orang. Kami bertemu pada tanggal 4 Agustus 2014, hari pertama kami mangang, mereka adalah teman yang luar biasa. Saya masih ingat betul nama-nama mereka yaitu ilona, dirchia, mertha dari UKDW serta ana, anda, zulfa, DP, wulan, dian, joang dan aji dari Undip. Mereka teman-teman yang hebat dan sangat baik.. saya masih ingat ketika kami berlibur bersama ke umnbul sidomukti dan gedong songo, ketika teman-teman UKDW selesai magang terlebih dahulu pada akhir minggu ke 2 dan tinggallah kami ber-14 di balai. Dan akhirnya pada akhir minggu ke-4 (29 Austus 2014) kami selesai magang meninggalkan anak Undip yang masih berjuang selama 2 minggu lagi. Saya masih ingat suasana ketika makan dan nonton bersama teman undip, ketika keesokan harinya kami akan berpisah.. hiks.hiks😥
Di setiap pertemuan memang selalu ada perpisahan.. teman-teman selamat berjuang ya,, semoga kita bisa bertemu di lain waktu. Jangan lupakan aku ya🙂

Terimakasih B2P2VRP Salatiga.. yang telah memberikan banyak pelajaran kepada kami.. pengalaman, ilmu, teman, saudara, panutan dan lain-lain.. semoga kita bisa berkunjung lagi di lain hari… atau mungkin salah satu dari kita akan benar-benar bekerja disana nantinya. Wallaahu a’lam.
Semoga bermanfaat🙂

beberapa dokumentasi magang menyusul…

Leave a Reply

