Hubungan Status gizi dengan ISPA

Status gizi menggambarkan baik buruknya konsumsi zat gizi seseorang. Zat gizi sangat dibutuhkan untuk pembentukan zat-zat kekebalan tubuh seperti antibodi. Kekurangan gizi menghambat respons imunitas dan meningkatkan risiko penyakit infeksi (Elyana dan Aryu, 2013).

Kekurangan zat gizi tunggal, seperti seng, selenium, besi, tembaga, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin B6, dan asam folat juga dapat memperburuk respons imunitas (Siagian, 2010). Namun semakin baik zat gizi yang dikonsumsi berarti semakin baik status gizinya sehingga semakin baik juga kekebalan tubuhnya. Infeksi saluran pernafasan akut merupakan penyakit yang sebagian besar disebabkan oleh virus. Penyakit yang disebabkan virus sangat dipengaruhi oleh sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang baik menyebabkan tubuh kebal terhadap penyakit ini. Selain itu kesembuhan penyakit juga akan menjadi lebih cepat dan lebih sempurna (Elyana dan Aryu, 2013).
Infeksi saluran Pernafasan akut (ISPA) merupakan salah satu jenis penyakit infeksi. Status gizi merupakan faktor risiko penting terjadinya ISPA, karena status gizi yang buruk biasanya disertai dengan status imun yang buruk sehingga meningkatkan risiko terjadinya ISPA. Gizi buruk akan menyebabkan terganggunya system pertahanan tubuh (Elyana dan Aryu, 2013). Rendahnya daya tahan tubuh akibat gizi buruk sangat memudahkan dan mempercepat berkembangnya bibit penyakit dalam tubuh (Moehji, 2003). Dengan demikian perbaikan status gizi dapat mencegah anak terserang infeksi pernafasan akut (Elyana dan Aryu, 2013).

Moehji, Sjahmien. 2003. Penanggulangan Gizi Buruk. Papas Sinar Sinanti. Jakarta.
Elyana, Mei dan Aryu C. 2013. Hubungan Frekuensi ISPA dengan Status Gizi Balita. Journal of nutrition and health. Vol 1 (1): 1-11.
Siagian, Albiner. 2010. Gizi, Imunitas, dan Penyakit Infeksi. Skripsi. Program studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera utara. Medan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s